
Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin2
berteknologi terbaru (turbo, supercharger, dohc, dsbnya) juga yang membutuhkan
pelumasan yang lebih baik (racing) dimana celah antar part/logam lebih
kecil/sempit/presisi dimana hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan mengalir
sempurna. Oli synthetic tidak disarankan untuk mesin yang berteknologi lama
dimana celah antar part biasanya sangat besar/renggang sehingga bila
menggunakan oli synthetic biasanya menjadi lebih boros karena oli ikut masuk
keruang pembakaran dan ikut terbakar sehingga oli cepat habis dan knalpot agak
ngebul.
SYNTHETIC
OIL
|
MINERAL
OIL
|
Lebih stabil pada temperatur tinggi
|
Kurang stabil pada temperatur tinggi
|
Mengontrol/Mencegah terjadinya endapan karbon pada
mesin
|
|
Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi
hari/cuaca dingin
|
|
Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah
terjadi gesekan antar logam yang berakibat kerusakan mesin
|
Melumasi dan melapisi metal kurang baik dalam
mencegah terjadi gesekan antar logam yang berakibat kerusakan mesin
|
Tahan terhadapan perubahan/oksidasi sehingga lebih
tahan lama sehingga lebih ekonomis dan efisien
|
|
Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga
dan mesin lebih dingin
|
|
Mengandung detergen yang lebih baik untuk
membersihkan mesin dari kerak
|
|
Jadi untuk mesin yang diproduksi tahun 2001 keatas
disarankan sudah menggunakan oli yang bertipe synthetic baik semi synthetic
(campuran dengan mineral oil) atau fully-synthetic.
Note: Kalau untuk pemakaian sehari-hari cukup yang
semi synthetic.
Oli untuk motor sampai saat ini belum dapat
informasinya yang sudah API SL.
Oli motor synthetic hampir semuanya baru SJ, kalo mineral mungkin baru SG/SH.
Oli motor synthetic hampir semuanya baru SJ, kalo mineral mungkin baru SG/SH.
Mineral Oil
:
§ Sprinta 2000 : SAE 20W-50, API SG
§ Evalube 4T : SAE 20W-50, API SF
§ Mesran Super : SAE 20W-50, API SG
§ Enduro 4T : SAE 20W-50, API SG
§ Penzoil Motorcycle 4T : SAE 20W-50, API SF
§ Sprinta 2000 : SAE 20W-50, API SG
§ Evalube 4T : SAE 20W-50, API SF
§ Mesran Super : SAE 20W-50, API SG
§ Enduro 4T : SAE 20W-50, API SG
§ Penzoil Motorcycle 4T : SAE 20W-50, API SF
Oli yang bagus (biasanya synthetic) mampu memberikan
lapisan film tipis yang pada komponen metal yang bergerak yang mana berguna
untuk mengurangi gesekan komponen metal sehingga suara mesin jadi lebih halus
dan tarikan lebih mantap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar